IRVANA, DEZI GILANG BAYU (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V SD NEGERI SOKARAJA KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Download (618kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Download (746kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
![]() |
Text
BAB IV_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
![]() |
Text
BAB V_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf Download (668kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berbentuk Penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SD Negeri
Sokaraja Kidul yang bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbasis multimedia di kelas VA sebagai kelas eksperimen
dan VB sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD
Negeri Sokaraja Kidul, yang terdiri dari 24 siswa. Dalam melaksanakan
penelitian, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dengan menggunakan bantuan multimedia. Hasil penelitian menunjukkan model
pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis data menggunakan uji t diperoleh t hitung ≥ t
tabel atau 7,536 ≥ 2,012 sehingga hasil uji hipotesis pertama dinyatakan bahwa H0
ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia
terhadap motivasi belajar IPS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t
diperoleh t hitung ≥ t tabel atau 2.091 ≥ 2,012 yang artinya terdapat perbedaan pada
prestasi belajar IPS Antara kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif tipe STAD, Multimedia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 00:53 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 00:57 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |