PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V SD NEGERI SOKARAJA KIDUL

IRVANA, DEZI GILANG BAYU (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH KELAS V SD NEGERI SOKARAJA KIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB IV_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DEZI GILANG BAYU IRVANA_PGSD'17.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbentuk Penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SD Negeri Sokaraja Kidul yang bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Sokaraja Kidul, yang terdiri dari 24 siswa. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan bantuan multimedia. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis data menggunakan uji t diperoleh t hitung ≥ t tabel atau 7,536 ≥ 2,012 sehingga hasil uji hipotesis pertama dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia terhadap motivasi belajar IPS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung ≥ t tabel atau 2.091 ≥ 2,012 yang artinya terdapat perbedaan pada prestasi belajar IPS Antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe STAD, Multimedia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:53
Last Modified: 30 Aug 2017 00:53
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item View Item