WIGIANTI, AULIA SHOFFY (2017) PENGARUH E-LEARNING TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Download (744kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Download (866kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
![]() |
Text
BAB IV_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Download (733kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_AULIA SHOFFY WIGIANTI_PGSD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran PKn memiliki banyak materi yang memungkinkan siswa
merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Inovasi dalam pembelajaran PKn
dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Eksperimen yang bertujuan untuk:
1) Mengetahui pengaruh e-learning terbimbing terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga; 2)
Mengetahui pengaruh e-learning terbimbing terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran PKn di kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yaitu nonequivalent
control grup desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA1 sebagai
kelompok eksperimen dan kelas VA2 sebagai kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data untuk hasil motivasi belajar siswa menggunakan angket, dan
untuk prestasi belajar melalui evaluasi. Data dihitung dengan menggunakan uji
homogenitas, uji normalitas dan uji t. Selain hitung secara manual, perhitungan
juga dilakukan menggunakan SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian pada
motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 3,18699 ≥
1,66600, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, e-learning terbimbing memiliki
pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian pada prestasi belajar
menunjukkan bahwa t hitung ≥ ttabel yaitu 4,36696 ≥ 1,66600, maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Jadi, e-learning terbimbing memiliki pengaruh terhadap prestasi
belajar siswa.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | E-learning Terbimbing, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, PKn |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 00:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 00:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |