DHUYUFURRAHMAH, ATIQ (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Download (638kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Download (808kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
![]() |
Text
BAB IV_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Download (702kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ATIQ DHUYUFURRAHMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rendahnnya sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi
belajar siswa mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Cikidang dengan jumlah 16 siswa yang terdiri
dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
tes/evaluasi, lembar skala sikap peduli lingkungan, serta lembar observasi untuk
siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, hasil angket sikap peduli lingkungan
siswa pada siklus I mencapai rata-rata 3,3 dengan kriteria cukup dan pada siklus II
3,6 dengan kriteria baik, sedangkan hasil evaluasi siswa diperoleh data pada siklus
I terdapat 5 siswa yang belum memenuhi kriteria dengan persentase ketuntasan
68,75%, pada siklus II terdapat 3 siswa yang belum memenuhi kriteria dengan
persentase 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan
dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di
kelas IV SD Negeri 1 Cikidang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Lia Mareza, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Sikap peduli lingkungan, prestasi belajar, IPA, model inkuiri terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 00:36 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |