PUNJUNG, GAGAS (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
GAGAS PUNJUNG COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
GAGAS PUNJUNG BAB I.pdf Download (753kB) | Preview |
Preview |
Text
GAGAS PUNJUNG BAB II.pdf Download (901kB) | Preview |
![]() |
Text
GAGAS PUNJUNG BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
![]() |
Text
GAGAS PUNJUNG BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
GAGAS PUNJUNG BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Preview |
Text
GAGAS PUNJUNG DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (747kB) | Preview |
![]() |
Text
GAGAS PUNJUNG LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching dibandingkan dengan model non quantum teaching terhadap perbedaan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent (Pre-Test and Post-Test) Control Groups Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 1 Tamansari, dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes berupa soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Non tes berupa lembar observasi keaktifan siswa dan lembar angket untuk mengetahui respon keaktifan yang bertujuan untuk memperkuat hasil observasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,753 > 2,003 menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran quantum teaching dan non quantum teaching, rerata N-gain untuk quantum teaching 0,10 atau 10% dan nonquantum teaching 0,06 atau 6%. (2) Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,068 > 2,003 menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar antara siswa yang memperoleh model pembelajaran quantum teaching dan non quantum teaching, rerata N-gain untuk quantum teaching 0,46 atau 46% dan non quantum teaching 0,18 atau 18%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd. dan Badarudin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Keaktifan, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 03:27 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 03:28 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |