PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANSUNG DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANG NANAS

SUDIANTO, NUR HIDAYAT (2012) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANSUNG DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANG NANAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
NUR HIDAYAT SUDIANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Permasalahan ini ditemukan penulis ketika berkunjung ke SD Negeri 1 Karang Nanas Kabupaten Banyumas. Permasalahan yang ditemukan penulis adalah mengenai kesulitan anak dalam menulis karangan khususnya menulis karangan deskripsi. Siswa kurang dalam menuangkan ide dan mengembangkan kalimat menjadi sebuah karangan oleh karena itu peneliti menerapkan media pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran yakni dengan media objek langsung, agar tujuan pembelajaran menulis dapat tercapai. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Karang Nanas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti selaku guru kelas dan guru kelas sebagai pengamat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 35 anak yaitu 15 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Aspek yang dinilai dalam menulis karangan deskripsi adalah isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, mekanik. Pada siklus I nilai rata- rata siswa 66,42,dengan ketuntasan belajar sebesar 62,85% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 75,86, dengan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 98%. Selanjutnya pengamatan kemampuan peneliti dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mengalami peningkatan dari siklus ke siklus yaitu pada siklus I peneliti memperoleh nilai 87,14 meningkat pada siklus II menjadi 90. Kemudian untuk kinerja pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu dengan skor 60 dengan nilai akhir 85,71 meningkat pada siklus II dengan skor 62 dengan nilai 88,57.Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan deskripsi melalui objek langsung di SD Negeri 1 Karang Nanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Objek Langsung, Karangan, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:05
Last Modified: 29 Aug 2017 02:09
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3600

Actions (login required)

View Item View Item