PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN TIPE STAD DI SMP NEGERI 1 BANYUMAS

MIRNAWATI, INDAH (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN TIPE STAD DI SMP NEGERI 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
INDAH MIRNAWATI COVER.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INDAH MIRNAWATI BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INDAH MIRNAWATI BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
INDAH MIRNAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
INDAH MIRNAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
INDAH MIRNAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
INDAH MIRNAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
INDAH MIRNAWATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banyumas pada Kompetensi Dasar “Mendeskripsikan Kondisi Geografis dan Penduduk” dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banyumas dengan jumlah siswa 31. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan prestasi belajar IPS Geografi diperoleh nilai rata-rata PraSiklus dengan ketuntasan 35,48%, pada Siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas 19 atau 61,29%, pada Siklus I pertemuan 2 jumlah siswa yang tuntas 24 atau 77,41%. dan Siklus II pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas 26 atau 83,87%, pada Siklus II pertemuan 2 jumlah siswa yang tuntas 28 atau 90,32%. Hasil pengukuran prestasi belajar diperoleh rata-rata Siklus I sebesar 69,51% dan rata-rata Siklus II sebesar 80,96% dari data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD dapat meningkatkan Prestasi Belajar IPS Geografi pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si dan Dra. Esti Sarjanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Cooperative Learning Tipe STAD, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:36
Last Modified: 29 Aug 2017 01:36
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3594

Actions (login required)

View Item View Item