FEBRIYANTI,, TYAS (2017) UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT)DENGAN PERMAINAN ACAK HURUF DI KELAS V SD NEGERI AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (986kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya semangat kebangsaan siswa disebabkan oleh beberapa
permasalahan diantaranya, siswa kurang gemar membaca materi pelajaran, siswa
cenderung menunggu arahan dari guru sehingga kurang mandiri dalam
menyelesaikan permasalahan, dan siswa lebih mengenal dan mengidolakan artis
zaman sekarang daripada tokoh masyarakat, pahl
awan atau kenegaraan. Prestasi belajar yang kurang maksimal dapat dilihat
dari perolehan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) I beberapa siswa yang nilainya
masih di bawah KKM. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan
model pembelajaran
Value Clarification Technique
(VCT) daftar/ matriks
penilaian diri sendiri dengan permainan acak huruf. Berdasarkan permasalahan di
atas, maka diputuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas
V SD Negeri Ajibarang Kulon dengan jumlah 23 siswa. Penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada
langkah-langkah Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur pelaksanaan pada setiap
siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data
diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa,
angket skala sikap, lembar evaluasi dan lembar wawancara. Hasil observasi
aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 2,6 dengan kriteria baik dan
pada siklus II yaitu 3,1 dengan kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada
siklus I memperoleh rata-rata 2,4 dengan kriteria cukup dan pada siklus II
memperoleh rata-rata sebesar 2,69 dengan kriteria baik. Hasil skala sikap
semangat kebangsaan pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 2,95 dengan
kriteria baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria baik.
Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 72,55 d
an
presentase ketuntasan belajar sebesar 60,60% dengan kriteria baik, sedangkan
pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 81,85 dan persentase ketuntasan
belajar sebesar 80,95% dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa melalui penerapan model VCT dengan permainan acak huruf dapat
meningkatkan sikap semangat kebangsaan dan prestasi belajar siswa di kelas V
SD Negeri Ajibarang Kulon

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Semangat Kebangsaan, Prestasi Belajar PKn, Value Clarification Technique(VCT), Permainan Acak Huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:36
Last Modified: 23 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item