HAYATI,, AZIZAH (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA DI KELAS VB SDN 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia melalui metode pembelajaran tebak kata di kelas VB
SDN 1 Prigi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara
dengan guru kelas VB SD Negeri
1
Prigi pada semester 1 Tahun ajaran
2016/2017 yang berlangsung di kelas VB pada mata pelajaran IPS materi
pelajaran IPS materi pelajaran Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan
Indonesia dapat diidentifikasikan permasalahan dalam pembelajaran IPS antara
lain: siswa masih belum terlihat aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajar
yang rendah disebabkan rasa ingin tahu terhadap pelajaran yang kurang. Rasa
ingin tahu siswa rendah ditandai dengan siswa masih belum terlihat aktif dalam
pembelajaran, proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan mengerjakan
latihan buku di LKS setelah guru menjelaskan materi. Hal ini menyebabkan siswa
menjadi kurang tergali kemampuannya. Sejatinya, usia anak sekolah dasar
memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, namun demikian metode pembelajaran di
kelas juga mempengaruhi apakah rasa ingin tahu siswa dapat meningkat atau
cenderung menurun bahkan menghilang. Prestasi belajar siswa rendah ditandai
dengan r
ata
-rata nilai yang masih dibawah KKM. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VB SDN 1 Prigi tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 17 siswa terdiri
dari 11 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data menggunakan tes/ evaluasi, lembar observasi aktivitas guru,
lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara siswa, dan angket sikap rasa
ingin tahu yang diberikan setiap akhir siklus serta dokumentasi. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini apabila peningkatan rasa ingin tahu siswa dari
siklus I ke siklus II sekurang-kurangnya kiteria baik dan ketuntasan secara
klasikal sekurang-kurangnya 85%. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya
meningkatnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar. Peningkatan rasa ingin tahu
siswa dapat dilihat dari rata-rata 2,48 pada siklus I dengan kriteria cukup menjadi
3,24 pada siklus II dengan kriteria baik. Kemudian peningkatan prestasi belajar
dapat dilihat dari rata-rata siklus I yaitu 79,11 dengan presentase ketuntasan
82,36% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 93,23 dengan persentase
ketuntasan 97,05%. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan
metode pembelajaran tebak kata mata pelajaran IPS materi perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan
prestasi belajar siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: rasa ingin tahu, metode pembelajaran tebak kata, prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 00:30
Last Modified: 19 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item