ARDIANTI, PUTRI DWI (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 1 PENARUBAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Download (653kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Download (671kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB IV_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text
BAB V_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Download (534kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_PUTRI DWI ARDIANTI_PGSD'11.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan minat dan prestasi belajar IPA pada materi
energi panas dan bunyi melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV
SD Negeri 1 Penaruban Kecamatan Bukateja”. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPA melalui pembelajaran
kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus,
setiap siklus dilaksanakan dengan tahap perencanaan,
pelaksanaan,observasi,refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Negeri 1 Penaruban, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri 1 Penaruban, Kecamatan Bukateja, Kabupaten
Purbalingga yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 16
siswa putri. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode tes
yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, metode observasi yaitu
untuk mengetahui kemampuan guru dalam proses pembelajaran, dan metode
angket yaitu daftar pertanyaan langsung yang diberikan kepada siswa untuk
mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran IPA. Hasil dari penelitian ini
didapatkan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 72, dan siklus II sebesar
85,3. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD
terbukti dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri
1 Penaruban Kecamatan Bukateja pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi, M.Si., dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Minat, prestasi, kooperatif tipe STAD, PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 03:50 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 03:13 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |