STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN NASIONALISME SISWA DI SMA N 5 PURWOKERTO

JATMIKA, CATUR ARI (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN NASIONALISME SISWA DI SMA N 5 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Catur Ari Jatmika.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Catur Ari Jatmika.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II_Catur Ari Jatmika.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
Bab III_Catur Ari Jatmika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
Bab IV_Catur Ari Jatmika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
Bab V_Catur Ari Jatmika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Catur Ari Jatmika.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
Lampiran_Catur Ari Jatmika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Keadaan Banyumas sekarang ini yang terus terpengaruh dengan budaya asing yang akan mengakibatkan lemahnya nasionalisme siswa. Maka siswa harus bisa di didik dan ditanamkan tentang nasionalisme agar bisa menjadi penerus yang berjuang demi bangsanya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran PKn dalam penguatan nasionalisme siswa, pelaksanaan pembelajaran PKn dalam penguatan nasionalisme siswa, hambatan yang di hadapi, upaya untuk mengatasi hambatan yang ada. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PKn, Waka Kesiswaan, Kepala Sekolah dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pembelajan yang digunakan yakniKontekstual dan Ekspasitori. Dalam pelaksanaan pembelajaran, di kelas menggunakan pendekatanCoperatif Learning, di luar kelas dengan aktif di kegiatan ekstrakurikuler dan ditanamkan untuk mengenal budaya asli Indonesiadan cinta produk dalam negeri. Hambatan yang dihadapi yaitu teori dan kenyataan yang saling bertentangan, materi nasionalisme sedikit, sarana bendera disetiap kelas tidak lengkap, ketertiban, kediplinan siswa, dan keprofesionalan guru. Mengatasi hambatannya memberikan bimbingan serta motivasi agar tidak terpengaruh hal negatif, memberikan tugas dan memberikan kebebasan mencari materi, pelatihan meningkatkan keprofesionalan guru, menerapkan pendidikan nasionalisme, melengkapi sarana bendera, guru mengajar secara disiplin, memberikan contoh yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, SH, M.Hum. dan Wildan Nurul Fajar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 22 Aug 2017 03:21
Last Modified: 22 Aug 2017 03:21
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item