ANALISIS PEMASARAN UBI KAYU PADA ANGGOTA KELOMPOK TANI MAKMUR DI DESA PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

MAHMUDI, IMAM (2016) ANALISIS PEMASARAN UBI KAYU PADA ANGGOTA KELOMPOK TANI MAKMUR DI DESA PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Imam Mahmudi_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Imam Mahmudi_BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Imam Mahmudi_BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
Imam Mahmudi_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
Imam Mahmudi_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
Imam Mahmudi_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
Imam Mahmudi_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
Imam Mahmudi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
Imam Mahmudi_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran , margin pemasaran dan kontribusi pada setiap lembaga pemasaran ubikayu , mengetahui farmer shre yang diterima petani ubikayu di Desa Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penelitian dilakukan di Desa pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Pemilihan lokasi dilakukan secara Purposive sampling. Responden diambil menggunakan metode sensus pada pedagang sejumlah 5 orang dan purposive sampling pada petani ubikayu sejumlah 30 orang petani yang sudah memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Penelitian dilakukan selama tujuh bulan, yaitu mulai bulan Januari sampai Juli 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran I ubikayu dijual dari petani ke pedagang pengepul kemudian dijual ke konsumen akhir yaitu pengrajin olahan ubikayu. Saluran pemasaran II yaitu ubikayu dari petani dijual ke pedagang pengepul kemudian dijual ke konsumen akhir yaitu industri tapioka. Margin pemasran dan distribusi margin masing-masing lembaga pemasaran berbeda, yaitu saluran pemasaran I sebesar Rp 871,-/kg dan pada saluran pemasaran II sebesar Rp 413,-/kg. Besarnya farmer sahare saluran pemasran I sebesar 45,28 persen dan pada saluran II sebesar 54,33 persen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Pujiati Utami, S.P., M.P. dan Sulistyani Budiningsih, S.P., M.P.
Uncontrolled Keywords: Saluran Pemasaran , Margin Pemasaran, Kontribusi pada Lembaga Pemasaran, Ubikayu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian dan Perikanan > Agribisnis S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 22 Aug 2017 03:19
Last Modified: 22 Aug 2017 03:19
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item