MUJIANAH, EKA (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012 SKRIPSI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Download (699kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Download (552kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Download (588kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text
BAB IV_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
![]() |
Text
BAB V_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Download (542kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_EKA MUJIANAH_BIOLOGI'12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Eksperimen Dengan Judul Pengaruh Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Dan Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi kelas VII SMP
Muhammadiyah Banyumas dilakukan pada semester genap tahun ajaran
2011/2012. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan
pengambilan sampel secara random sampling dengan kelas VII A dan VII B
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan kemampuan analisis siswa pada
mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem
Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
dan kemampuan analisis siswa. Meningkatnya hasil belajar pada kelas eksperimen
ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 45.60
dan setelah perlakuan sebesar 75.15, hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan
kelas kontrol. Meningkatnya hasil belajar siswa sejalan dengan meningkatnya
kemampuan analisis siswa. Peningkatan kemampuan analisis siswa ditunjukkan
dengan indikator aktivitas kemampuan analisis yang meliputi kemampuan analisis
dalam mengobservasi objek biologi pada kriteria sangat baik (SB), baik (B) dan
cukup (C) secara urut sebesar 26.82%, 26.92%, dan 19.23%. Kemampuan analisis
dalam mengannalisa objek biologi sebesar 23.08%, 30.77%, dan 26.92%.
Kemampuan analisis dalam menafsirkan data sebesar 26.92%, 23.08%, dan
26.92%. Kemampuan analisis dalam menginterpretasikan data sebesar 23.08%,
34.62%, dan 23.08%. Kemampuan analisis dalam menghubungkan konsep
sebesar 26.92%, 30.77%, dan 30.77%. Kemampuan analisis dalam menyimpulkan
konsep sebesar 26.92%, 26.92%, dan 23.08%. Hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji t menunjukkan t hitung = 19.977 t tabel= 1.993. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model PBL (problem based learning) dapat berpengaruh terhadap kemampuan
analisis siswa pada pembelajaran IPA Biologi di kelas VII SMP Muhammadiyah
Banyumas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, SPd. M Si Drs. Arief Husin, M Si |
Uncontrolled Keywords: | Hakikat Belajar, Hasil Belajar, Keterampilan Proses, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ciri Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:06 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |