UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV A SD NEGERI 1 MANDIRAJA WETAN

TRISNADI, WIOS KUKUH (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI MENGHARGAI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV A SD NEGERI 1 MANDIRAJA WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WIOS KUKUH TRISNADI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran make a match. Penelitian ini telah dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri 1 Mandiraja yang terdiri dari 27 siswa yaitu 15 siswa putra dan 12 siswa putri. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran make a match. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prestasi siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan aktivitas guru. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai 63,3 dengan ketuntasan belajar 74,1 % dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 80,7 dengan ketuntasan belajar 92,6 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada kelas IV A SD Negeri 1 Mandiraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Prestasi Belajar, Tipe Make a Match
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:15
Last Modified: 18 Aug 2017 07:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item