PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

AJI,, PURNOMO (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Kemajuan teknologi dan informasi semakin memberikan banyak alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( resea rch and development ) menggunakan model menurut Borg & Gall. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV S ekolah D asar . Subjek peneli tian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kutabawa yang berada di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga . Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( pretest dan posttest ) dan non tes (angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket r espon siswa). Validator dalam penelitian ini adalah satu ahli media dan satu ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran IPS yang dikembangkan menarik sehingga dapat memotivasi siswa, 2) media pe mbelajaran berbasis flash pada mata pelajaran IPS dinyatakan layak oleh validator dengan skor rata - rata 4,78 pada aspek media dan skor rata - rata 4,85 pada aspek materi , 3) guru menilai baik dengan jumlah skor rata - rata 4 terhadap media pembelajaran berbasis flash yang dikembangkan, 4) respon siswa positif dengan jumlah skor rata - rata 4,42 terhadap media pembelajaran berbasis flash yang dikembangkan , 5) media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran IPS materi perkembangan te knologi produksi, komunikasi dan transportasi berpengaruh baik terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran IPS, Media Pembelajaran Flash, Materi Perkembangan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:22
Last Modified: 18 Aug 2017 02:22
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item