NOVIASTIWI,, OLIYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK BUMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MIND MAP DI KELAS IV SD NEGERI1 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (751kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (968kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (630kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kurangnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik bumi di kelas
IV SD Negeri 1 Tiparkidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas.
Pe
nelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw
dengan
mind map
.
Kondisi ini dipengaruhi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam bertanya,
berpendapat dan menjawab pertanyaan dari guru. Prestasi belajar juga
terpengaruh, dilihat dari kondisi nilai UTS mata pelajaran IPA dari 36 siswa
hanya 7 siswa atau 19.4% yang tuntas KKM >70 sedangkan yang tidak tuntas ada
29 siswa atau 80.5%. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan.
Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu
siswa dari persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 77.78% dengan
krit
eria baik menjadi 86% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil
penelitian pada prestasi belajar juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar yang memperoleh persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 70.66
dengan ketuntasan belajar 61.11% meningkat pada siklus II menjadi 83.17 denga
n
ketuntasan belajar 83.33%.
Penelitian ini dianggap berhasil karena sudah
meme
nuhi indikator keberhasilan rasa ingin tahu dan prestasi belajar secara
klasikal yaitu sekurang-kurangnya 80%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Agung Nugroho, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | rasa ingin tahu, prestasi belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan mind map, mata pelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 02:12 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:54 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |