ANAM,, AJI SAROFUL (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (772kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif terhadap
ke
rjasama dan prestasi belajar siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran
Model
Cooperative Learning
Tipe
Numbered Heads Together
dan siswa yang
memperoleh pembelajaran Model
Non-Cooperative Learning
tipe
Numbered
Heads Together
pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 1 Karangjambu.
Penelitian ini merupakan peneltian eksperimen. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (
Quasi Eksperimen
) dengan
desain
nonequvalent control group design
. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri 1 Karangjambu. Penentuan sampel menggunakan teknik
purposive sampling
. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VB sebagai
kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri
dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, yaitu
angket awal dan angket akhir serta
p
retest
dan
posttest
. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil uji hipotesis pertama dengan
cara manual, yaitu t
hitung
> t
tabel
, atau 2,226 > 2,021, sedangkan menggunakan
SPSS versi 21 yaitu
Sig. (2-tailed)
< 0,05 atau 0,017 < 0,05, maka Ho ditolak dan
Ha diterima, sehingga menunjukkan bahwa model
Cooperative Learning
tipe
Numbered Heads Together
berpengaruh positif terhadap kerjasama siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Karangjambu. Hasil uji hipotesis kedua
dengan cara manual, yaitu t
hitung
> t
tabel
, atau 3,940 > 2,021, sedangkan
menggunakan SPSS versi 21 yaitu
Sig. (2-tailed)
< 0,05 atau 0,002 < 0,05, maka
Ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa model
Cooperative
Learning
tipe
Numbered Heads Together
berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar siswa
pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Karangjambu.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together(NHT), Kerjasama, Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 00:27 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:17 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |