NURHIKMAH, NOVIYATUN (2015) PENGARUH MODEL STM (SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) BERBASIS SCIENTIFIC TERHADAP KOMPETENSI KOGNITIF, PSIKOMOTOR, DAN AFEKTIF SISWA KELAS XI MIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Cover_Noviyatun Nurhikmah.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I_Noviyatun Nurhikmah.pdf Download (661kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab II_Noviyatun Nurhikmah.pdf Download (743kB) | Preview |
![]() |
Text
Bab III_Noviyatun Nurhikmah.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
![]() |
Text
Bab IV_Noviyatun Nurhikmah.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V_Noviyatun Nurhikmah.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
Preview |
Text
Daftar Pustaka_Noviyatun Nurhikmah.pdf Download (626kB) | Preview |
![]() |
Text
Lampiran_Noviyatun Nurhikmah.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul pengaruh model STM (Sains,Teknologi,
Masyarakat) berbasis scientific terhadap kompetensi kognitif, psikomotor, dan
afektif siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4
Puwokerto telah dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran STM (Sains, Teknologi, Masyarakat) terhadap kompetensi kognitif,
psikomotor, dan afektif siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran biologi di SMA
Negeri 4 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive sampling.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan XI
MIA 2 (kelas kontrol) SMA Negeri 4 Purwokerto. Teknik analisis data
menggunakan uji korelasi Pearson Product Momentmelalui program SPSS 16.
Data kompetensi kognitif berupa hasil nilai test, data kompetensi psikomotor
berupa aktivitas menyebutkan, memahami, menghubungkan, menganalisis,
menafsirkan, dan menyimpulkan, sedangkan data kompetensi afektif berupa
sikap rasa ingin tahu, berkomunikasi, kerjasama, dan teliti. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kompetensi kognitif siswa kelas eksperimen dengan nilai
rata – rata post-test 75,63 telah mencapai KKM dengan standar nilai KKM 75
sementara kelas kontrol dengan nilai rata – rata post-test 67,63 masih dibawah
KKM. Data kompetensi psikomotor siswa kelas eksperimen berada pada tingkat
kategori yang bervariasi antara sangat baik, baik, cukup dengan rata- rata kategori
baik. Data kompetensi afektif siswa pada kelas eksperimen rata – rata berada pada
kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran STM berpengaruh terhadap kompetensi kognitif, psikomotor,
dan afektif siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Purwokerto.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kognitif, Psikomotor, dan Afektif, Model STM (Sains Teknologi Masyarakat), Scientific |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 02:43 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:38 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |