UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMP NEGERI 2 KEMBARAN Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat PROGRAM FAKULTAS UNIVERSITAS i (GI) PADA MATA PELAJARAN I KELAS VII TAHUN AJARAN 2011 - 2012

KHURIYATUN, SITI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMP NEGERI 2 KEMBARAN Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat PROGRAM FAKULTAS UNIVERSITAS i (GI) PADA MATA PELAJARAN I KELAS VII TAHUN AJARAN 2011 - 2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI K. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI K. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI K. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI K. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SITI K. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SITI K. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SITI K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) pada mata pelajaran IPS kelas VII A di SMP Negeri 2 Kembaran tahun ajaran 2011- 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kembaran dengan jumlah siswa 33 anak yakni 14 siswa putra dan 19 siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit untuk setiap pertemuan. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 21,21 % dengan kriteria kurang aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan persentase siswa sebesar 54,16% dengan kriteria aktif terjadi peningkatan 32,95%. Sedangkan untuk nilai rata-rata tes evaluasi siswa pada siklus I sebesar 72,96 dengan persentase ketuntasan belajar 62,5%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,84 dengan persentase ketuntasan belajar 93,75% terjadi peningkatan untuk ketuntasan belajar sebesar 31,25%. Peningkatan keaktifan belajar siswa juga dilihat dari hasil angket respon dengan rata-rata pada siklus I sebesar 2,71 dengan kriteria kurang. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,35 dengan kriteria baik terjadi peningkatan 0,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation (gi) dapat meningkatkan keaktifan belajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP Negeri 2 Kembaran Kecamatan Kembaran Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tanto Sukardi, M.Hum., dan Drs. Kartono, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, IPS, Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:13
Last Modified: 15 Aug 2017 02:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item