NOVABRIANI, PURWO MUGI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN METODE BERMAIN MELALUI KEGIATAN DRAMA KABARET PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 1 DESA KEDARPAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI BAB I.pdf Download (597kB) | Preview |
Preview |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI BAB II.pdf Download (800kB) | Preview |
![]() |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
![]() |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
![]() |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
Preview |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) | Preview |
![]() |
Text
PURWO MUGI NOVABRIANI Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul ” Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional anak Dengan Metode Bermain Melalui Kegiatan Drama Kabaret Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 1 Desa Kedarpan Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013”. Memiliki tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan metode bermain dengan kegiatan drama kabaret di TK Pertiwi 1 Desa Kedarpan Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun ajaran 2012-2013.
Penelitian ini memiliki subjek 20 siswa yang terdiri dari 13 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Proses penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Penelitian ini selain tertuju pada kemampuan sosial emosional anak, penelitian ini juga mengarah pada proses interaksi anak untuk ke jenjang selanjutnya yang mempengaruhi juga pada proses perkembangan kemampuan yang lainnya.
Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan sosial emosional subjek penelitian. Setelah mengenalkan permainan baru yaitu drama kabaret. Hal tersebut dapat dibuktikan dan dilihat berdasarkan data yang telah diperoleh oleh peneliti. Tingkat keberhasilan yang menjadi patokan berhasilnya Penelitian Tindakan Kelas dapat dilihat pada kondisi awal tingkat keberhasilan kemampuan sosial emosional anak dari 20 siswa pada studi awal anak yang belum berkembang sebanyak 10 anak atau 50%, anak yang mulai berkembang sebanyak 5 anak atau 25%, siswa yang berkembang sesuai harapan sebanyak 3 anak atau 15%, dan siswa yang berkembang sangat baik sebanyak 2 anak atau 10%. Selanjutnya pada siklus I siswa yang belum berkembang 0 anak atau 0%. Siswa yang mulai berkembang sebanyak 6 anak atau 30%, siswa yang berkembang sesuai harapan sebanyak 6 anak atau 30%, dan siswa yang berkembang sangat baik sebanyak 8 anak atau 40%. Siklus II siswa yang belum berkembang
vi
sebanyak 0 anak atau 0%.. kemudian siswa yang mulai berkembang sebanyak 2 anak atau 10%, siswa yang berkembang sesuai harapan sebanyak 2 anak atau 10%. Kemudian siswa yang berkembang sangat baik sebanyak 16 anak atau 80%. Dilaksanakan perbaikan berupa tindak lanjut pendekatan kelas pada 2 siswa yang mulai berkembang karena hasil perbaikan kegiatan memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan secara baik maka minat anak untuk mengikuti pembelajaran semakin meningkat. Dilakukan bimbingan dari guru dan perhatian orangtua guna mengamati tiap peningkatan yang terjadi.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M dan Anita Rosalina, ST.M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan sosial emosional , Metode bermain, Kegiatan drama cabaret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 00:13 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:21 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |