MUKHOLIFAH,, TRIA ROBIATUL (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN APLIKASI PEKKU BERBASIS MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBASEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (910kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS
menggunakan aplikasi Pekku berbasis
Mind Mapping
di kelas V Sekolah Dasar
yang bermanfaat untuk: 1) mengetahui kondisi faktual penggunaan media
pembelajaran IPS di sekolah dasar sebelum di
lakukan pengembangan, 2)
mengetahui karakteristik media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 3)
mengetahui respon guru terhadap pengembangan media pembelajaran
menggunakan aplikasi Pekku, 4) mengetahui respon peserta didik terhadap
pengembangan media p
embelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 5) mengetahui
pengaruh pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku
terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar. Prosedur
penelitian menggunakan model Borg dan Gall, yang terdiri da
ri: 1) penelitian dan
pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba
lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan
produk hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9)
penyempur
naan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (
pre
test, post test
) dan non tes meliputi angket validasi ahli, angket respon guru,
angket respon peserta didik.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1)
penggunaan
media di sekolah dasar kecamatan K
ebasen masih belum optimal
, 2) karakteristik
media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Pekku berbasis
Mind Mapping
memiliki kriteria memotivasi, inovasi, kreasi dan mandiri, 3) respon guru sangat
baik terhadap pengembangan
media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku,
4)
respon peserta didik sangat baik terhadap pengembangan
media pembelajaran
menggunakan aplikasi Pekku, 5) pengembangan media pembelajaran IPS
menggunakan aplikasi Pekku
berpengaruh baik terhadap peningkatan
prestasi
belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,025.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M. Pd., dan Aji Heru Muslim, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran IPS, Aplikasi Pekku, Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:43
Last Modified: 13 Nov 2024 03:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item