MUKHOLIFAH,, TRIA ROBIATUL (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN APLIKASI PEKKU BERBASIS MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBASEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (757kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (910kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (637kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS
menggunakan aplikasi Pekku berbasis
Mind Mapping
di kelas V Sekolah Dasar
yang bermanfaat untuk: 1) mengetahui kondisi faktual penggunaan media
pembelajaran IPS di sekolah dasar sebelum di
lakukan pengembangan, 2)
mengetahui karakteristik media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 3)
mengetahui respon guru terhadap pengembangan media pembelajaran
menggunakan aplikasi Pekku, 4) mengetahui respon peserta didik terhadap
pengembangan media p
embelajaran menggunakan aplikasi Pekku, 5) mengetahui
pengaruh pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku
terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar. Prosedur
penelitian menggunakan model Borg dan Gall, yang terdiri da
ri: 1) penelitian dan
pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba
lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan
produk hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9)
penyempur
naan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (
pre
test, post test
) dan non tes meliputi angket validasi ahli, angket respon guru,
angket respon peserta didik.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1)
penggunaan
media di sekolah dasar kecamatan K
ebasen masih belum optimal
, 2) karakteristik
media pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Pekku berbasis
Mind Mapping
memiliki kriteria memotivasi, inovasi, kreasi dan mandiri, 3) respon guru sangat
baik terhadap pengembangan
media pembelajaran menggunakan aplikasi Pekku,
4)
respon peserta didik sangat baik terhadap pengembangan
media pembelajaran
menggunakan aplikasi Pekku, 5) pengembangan media pembelajaran IPS
menggunakan aplikasi Pekku
berpengaruh baik terhadap peningkatan
prestasi
belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,025.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M. Pd., dan Aji Heru Muslim, M. Pd., |
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media pembelajaran IPS, Aplikasi Pekku, Mind Mapping |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 01:43 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:21 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |