PRATIKO,, TOTO (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (956kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (531kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan
saintifik dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan kendala yang
dihadapi guru dalam implementasi pendekatan saintifik di SD Negeri 1 Cilongok
Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyu
mas. Penulisan skripsi ini dilatar
belakangi oleh adanya perubahan dan pengembangan kurikulum yaitu dari
kurikulum KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013
mengamanatkan kepada guru untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam
proses pelaksanaan pem
belajarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas I, Guru kelas IV,
dan kepala SD Negeri 1 Cilongok. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti
dengan mengunakan alat bantu pedoma
n observasi, pedoman wawancara, dan
dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data menurut
Milles & Hubberman (1984) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu
data
collection
,
data reduction
,
data display,
dan
Conclusions
. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru mengacu pada hasil sosialiasai
kurikulum 2013 yang diwujudkan dalam bentuk rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil observasi
dapat disampaikan bahwa guru
kelas I dan kelas IV SD Negeri 1 Cilongok telah melaksanakan pembelajaran
kurikulum 2013 dengan menerapkan pendekatan saintifik yang meliputi langkah
-
langkah lima keterampilan ilmiah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar,
dan mengkomunikasikan.
Namun demikian, secara umum ditemui banyak kendala
dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
Kendala yang
dihadapi dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi rendahnya
kemampuan menalar siswa, keterbatasan var
iasi model pembelajaran dan sarana
prasarana pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Yudha Febrianta, M.Or., |
Uncontrolled Keywords: | implementasi, pendekatan saintifik, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 01:34 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:57 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3308 |
[error in script]
Actions (login required)
![]() |
View Item |