AZIZ,, AFRIAN JAMALUDIN (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IVC SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya percaya diri siswa
dikarenakan ak
tivitas pembelajaran yang
dilaksana
kan
masih
bersifat
teacher center
ed.
Siswa tidak banyak
terlibat aktif
dalam pembelajaran
sehingga menyebabkan
percaya diri siswa
rendah
, selain itu
berdasarkan
hasil UTS
hanya 8 siswa (42,10%) yang memperoleh nilai diatas
nilai
KKM
yaitu
70.
Hal tersebut dikarenakan siswa kurang yakin dengan jawaban
siswa sendiri. Percaya diri siswa yang renda
h dapat dilihat dari kurang
aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa malu untuk bertanya kepada guru
ataupun siswa lain.
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya percaya diri
dan prestasi belajar siswa
adalah kurang tepatnya pemilihan
model pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
percaya diri
dan prestasi belajar
siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share
, dimana dalam pembelajaran
Think Pair Share
siswa dituntut
aktif dalam pembelajaran
. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri
2 Purwokerto Lor
yang berjumlah
19 siswa
yang terdiri dari
11
siswa perempuan
dan
8 siswa laki
-laki
. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya
terdiri dari dua kali
pertemuan
. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, o
bservasi, evaluasi
dan refleksi
. Apabila dalam siklus I belum terjadi peningkatan, maka penelitian
dilanjutkan ke sikl
us II.
Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan
tes.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair
Share
(TPS) dapat meningkatkan
per
caya diri
dan prestasi be
lajar IPS
. Hasil
percaya diri
siswa siklus I
mencapai
skor 1323
dengan kriteria cukup baik.
Hasil
prestasi belajar pada siklus I
meperoleh
nilai rata
-rata
70,53
dengan ketuntasan
57,89
%. Perolehan percaya diri dan prestasi belajar pada siklus I belum mencapai
indikator keberhasilan yang ditentukan. Peningkatan percaya diri pada siklus II
menjadi
1461 dengan kriteria baik
. Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar.
Pada
siklus II
perolehan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
nilai rata
-
rata
menjadi
73,62 dengan ketuntasan 84,21
%.
Berdasarkan hasil penelitian
dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share
(TPS)
dapat meningkatkan
percaya diri
dan p
restasi belajar IPS di kelas IV
Negeri 2
Purwokerto Lor
.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar IPS, Think Pair Share(TPS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 01:04
Last Modified: 13 Jun 2024 06:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item