KARTIKA,, NILA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS VB MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (671kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (773kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air di kelas VB MI
Muhammadiyah Kramat. Rendahnya kedisiplinan ditandai dengan banyaknya siswa
yang belum tertib ketika proses pembelajaran, berbicara sendiri ketika guru sedang
menjelaskan materi, belum berpakaian rapih sesuai aturan. Sedangkan rendahnya
prestasi belajar siswa ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum tuntas
belajar yaitu dari 16 siswa hanya 5 siswa atau 31,25% yang tuntas belajar, dan
sisanya 11 siswa atau 68,75% siswa belum tuntas belajar. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan
dan prestasi belajar siswa melalui metode eksperimen berbantu media gambar.
S
ubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 15 siswa yang terdiri
dari 12 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan secara
kolaboratif dengan guru kelas VB dan dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap
siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kedisiplinan
siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,1 dengan kriteria baik dan meningkat pada
siklus II dengan diperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini
juga meningkatkan prestasi belajar IPA materi daur air yang ditunjukkan pada siklus
I diperoleh rata-rata 66,99 mencapai ketuntasan belajar 40% dengan kriteria kurang
dan meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata 82,1 mencapai ketuntasan
86,66% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berbantu media gambar dapat
meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA materi daur air di kelas VB MI
Muhammadiyah Kramat.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswata Eka, M.Si dan Sri Muryaningsih, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Prestasi Belajar, IPA, Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 03:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:12 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |