KARTIKA,, NILA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR AIR MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS VB MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air di kelas VB MI
Muhammadiyah Kramat. Rendahnya kedisiplinan ditandai dengan banyaknya siswa
yang belum tertib ketika proses pembelajaran, berbicara sendiri ketika guru sedang
menjelaskan materi, belum berpakaian rapih sesuai aturan. Sedangkan rendahnya
prestasi belajar siswa ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum tuntas
belajar yaitu dari 16 siswa hanya 5 siswa atau 31,25% yang tuntas belajar, dan
sisanya 11 siswa atau 68,75% siswa belum tuntas belajar. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan
dan prestasi belajar siswa melalui metode eksperimen berbantu media gambar.
S
ubjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 15 siswa yang terdiri
dari 12 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan secara
kolaboratif dengan guru kelas VB dan dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap
siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kedisiplinan
siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,1 dengan kriteria baik dan meningkat pada
siklus II dengan diperoleh rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini
juga meningkatkan prestasi belajar IPA materi daur air yang ditunjukkan pada siklus
I diperoleh rata-rata 66,99 mencapai ketuntasan belajar 40% dengan kriteria kurang
dan meningkat pada siklus II dengan diperoleh rata-rata 82,1 mencapai ketuntasan
86,66% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berbantu media gambar dapat
meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA materi daur air di kelas VB MI
Muhammadiyah Kramat.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswata Eka, M.Si dan Sri Muryaningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi Belajar, IPA, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:24
Last Modified: 29 Oct 2024 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item