FITRIANA,, FIKI NURNAILA (2017) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA KELAS TINGGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (856kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tindakan bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan berulang untuk membuat seseorang merasa terganggu atau terancam. Tindakan bullying kini marak di dunia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk komunikasi antar siswa di kelas tinggi; 2) mengetahui bentuk tindakan bullying yang terjadi di kelas tinggi; 3) mengetahui faktor penyebab terjadinya tindakan bullying; dan 4) mengetahui peran guru dalam menangani siswa yang melakukan tindakan bullying. PEnelitian ini merupakan studi kasus yang termasuk jenis penelitian kualitatif dengan partisipan guru dan siswa sebuah Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Karanglewas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk komunikasi yang dominan ialah komunikasi dua arah. Bentuk bullying yang terjadi di kelas tinggi ialah kontak verbal langsung. Siswa RM di kelas 5, siswa RB dan FR di kelas 4, bentuk bullying verbal seperti mengancam, mengejek, dll. Faktor penyebab terjadinya tindakan bullying ialah faktor internal yang terdiri atas faktor dari dalam diri dan faktor keluarga; faktor eksternal yaitu faktor teman sebaya dan lingkungan. Akibat yang ditimbulkan oleh tindakan bullying dapat berupa fisik maupun psikolog dari siswa. Guru memiliki peran penting dalam menangani tindakan bullying di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperlukan kerjasama dengan tenaga ahli psikolog atau konselor untuk meminimalisir tindakan bullying di sekolah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Tindakan bullying, bentuk komunikasi, bentuk bullying, faktor penyebab, dan Peran guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2017 01:18
Last Modified: 24 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item