AISAH, LAILA NUR (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAMBOO DANCING PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH MADURESO KABUPATEN KEBUMEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover_Laila Nur Aisah.pdf]
Preview
Text
Cover_Laila Nur Aisah.pdf

Download (984kB) | Preview
[thumbnail of Bab I_Laila Nur Aisah.pdf]
Preview
Text
Bab I_Laila Nur Aisah.pdf

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of Bab II_Laila Nur Aisah.pdf]
Preview
Text
Bab II_Laila Nur Aisah.pdf

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Bab III_Laila Nur Aisah.pdf] Text
Bab III_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[thumbnail of Bab IV_Laila Nur Aisah.pdf] Text
Bab IV_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V_Laila Nur Aisah.pdf] Text
Bab V_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Laila Nur Aisah.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Laila Nur Aisah.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_Laila Nur Aisah.pdf] Text
Lampiran_Laila Nur Aisah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model bamboo
dancing pada mata pelajaran IPS di kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua
pertemuan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas V Bukhari MI
Muhammadiyah Madureso yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 8 siswa
perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengambilan data menggunakan metode tes,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan
bahwamodel bamboo dancing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu
dari 17 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas,
atau terjadi peningkatan sebanyak 3 siswa, atau mengalami peningkatan dari
70,83% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II, atau terjadi peningkatan
sebesar 12,5% dari siklus I ke siklus II. Indikator keberhasilan prestasi belajar
siswa yaitu 80%. Penggunaan model bamboo dancing dapat meningkatkan
prestasi belajar IPS siswa kelas V MI Muhammadiyah Madureso.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pemebimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPS dan Model Bamboo Dancing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:11
Last Modified: 20 May 2024 03:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item