VIDIANI,, INGGRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA KANTONG PINTAR DI KELAS V SDN KARANGMANGU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (847kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran di sekolah dasar yang berguna untuk
mengembangkan kemampuan dan sikap yang ada pada diri siswa, dalam pelajaran
IPS siswa dituntut aktif dan berfiki
r kritis. Namun
perlu
diadakan
perbaikan
dalam pembelajaran
karena adanya permasalahan di kelas, dengan
menggunakan
model
think pair share
berbantu media kantong pintar. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar pada pelajaran IPS
materi
menghargai
perjuangan
para tokoh dalam
mempertahanakan kemerdekaan.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangmangu dengan jumlah
siswa 30, jumlah siswa laki
-
laki 16 dan siswa perempuan 14. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan 2 siklus. Berdasarkan hasil
penelitian keaktifan siswa pada siklus I diperoleh rata
-
rata 2,37 dengan kriteria
cukup sedangkan pada siklus II diperoleh rata
-
rata 3,82 dengan kriteria sangat
baik. Pada prestasi belajar siklus I diperoleh rata
-
rat
a 73,73 dengan persentase
70% sedangkan pada siklus II rata
-
rata 82,13 dengan persentase 90%. Dapat
disimpulkan bahwa model
think pair sahre
berbantu media kantong pintar dapat
meningkatkan kekatifan siswa dan prestasi belajar IPS kelas V SDN
Karangmangu.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Kantong Pintar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2017 00:52
Last Modified: 04 Aug 2017 00:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item