ANIK HENDRAWATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BENDERA BACA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI WIDODO LIMBANGAN WATUMALANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of ANIK - COVER.pdf] Text
ANIK - COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ANIK - BAB I.pdf] Text
ANIK - BAB I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of ANIK - BAB II.pdf] Text
ANIK - BAB II.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of ANIK - BAB III.pdf] Text
ANIK - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of ANIK - BAB IV.pdf] Text
ANIK - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of ANIK - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ANIK - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of ANIK - lLAMPIRANM.pdf] Text
ANIK - lLAMPIRANM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Bahasa Dalam Membaca Permulaan Melalui Permainan Bendera Baca Pada
Kelompok B Di TK Pertiwi Widodo Limbangan Watumalang Wonosobo Tahun
Ajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan bahasa anak,
dengan jumlah siswa 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak
laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena kurangnya kemampuan
bahasa.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
obsevasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik
deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada kemampuan bahasa
anak yang semakin meningkat dari kondisi awal. Pada kondisi awal, anak didik
yang sudah berhasil mencapai indikator yang ditetapkan (BSB) hanya ada 1 anak
atau 5%, sedangkan 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan (BSH), 8 anak
atau 40% mulai berkembang (MB) dan 6 anak atau 30% belum berkembang
(BB) yang masih membutuhkan bimbingan. Setelah diadakan penelitian tindakan
kelas pada siklus I, keberhasilan anak (BSB) semakin meningkat yaitu sebanyak 3
anak atau 15%, sedangkan 7 anak atau 35% sudah mencapai indikator
keberhasilan (BSH), 8 anak atau 40% mulai berkembang (MB) dan anak yang
mencapai indikator (BB) 2 anak atau 10%. Kemudian peneliti melanjutkan
perbaikan dengan melaksanakan siklus yang ke II, kemampuan bahasa anak yang
mencapai (BSB) semakin meningkat yaitu sebanyak 7 anak atau 35%, sedangkan
11 anak atau 55% sudah mencapai indikator keberhasilan (BSH), 2 anak atau 10%
mulai berkembang (MB) dan anak yang mencapai indikator (BB) tidak ada. Jika
mengacu pada prosentase keberhasilan yang telah ditetapakan, hasil peningkatan
kemampuan bahasa anak telah mencapai tingkat keberhasilan 90%, maka
tindakan perbaikan pada siklus II telah berhasil.Upaya tindak lanjut yang
disarankan oleh peneliti kepada orang tua agar bahasa anak mengalami
peningkatan sebaiknya diberikan pendampingan dan home visit, lalu guru
disekolah harus lebih memperhatikan dan melakukan pendekatan kepada mereka
dari pada teman-teman yang sudah berkembang dengan baik.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. Drs. Sutomo. MSi 2. Anita Rosalina, M. Pd
Uncontrolled Keywords: bahasa, metode bermain bendera baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2017 01:08
Last Modified: 03 Aug 2017 01:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item