MULYONO, EKO HADI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD NEGERI 1 KEJAWAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of EKO HADI MULYONO COVER.pdf]
Preview
Text
EKO HADI MULYONO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of EKO HADI MULYONO BAB I.pdf]
Preview
Text
EKO HADI MULYONO BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of EKO HADI MULYONO BAB II.pdf]
Preview
Text
EKO HADI MULYONO BAB II.pdf

Download (833kB) | Preview
[thumbnail of EKO HADI MULYONO BAB III.pdf] Text
EKO HADI MULYONO BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[thumbnail of EKO HADI MULYONO BAB IV.pdf] Text
EKO HADI MULYONO BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of EKO HADI MULYONO BAB V.pdf] Text
EKO HADI MULYONO BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of EKO HADI MULYONO DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
EKO HADI MULYONO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of EKO HADI MULYONO LAMPIRAN.pdf] Text
EKO HADI MULYONO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh drama melalui metode bermain peran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar yang berjumlah 34 siswa, 23 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi guru, siswa dan juga dari tes evaluasi disetiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku kretivitas siswa pada siklus I menghasilkan 70% siswa masuk kategori kretivitas baik dengan diperoleh rata-rata 65,7 termasuk kategori kreativitas cukup. Kemudian pada siklus II menghasilkan 90% siswa telah mendapat nilai kretivitas kriteria baik dengan rata-rata 84,7 masuk kategori kreativitas sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 70,59% dengan rata-rata 75,1 dan siklus II dengan presentase 94,12% dengan rata-rata 84,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh drama siswa kelas V SD Negeri 1 Kejawar.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi belajar, Bahasa Indonesia, Metode bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:50
Last Modified: 13 Nov 2024 04:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item