ROFIQOH, ANI (2014) ANALISA SOAL-SOAL PADA BUKU SISWA PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM TEREVISI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
ANI ROFIQOH COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ANI ROFIQOH BAB I.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
ANI ROFIQOH BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ANI ROFIQOH BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
||
Text
ANI ROFIQOH BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
ANI ROFIQOH BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
|
Text
ANI ROFIQOH DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
ANI ROFIQOH LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan komposisi dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan soal-soal pada buku siswa pelajaran matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi Bloom terevisi, 2) mengetahui kesesuaian soal-soal pada buku siswa pelajaran matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 dengan indikator kompetensi berdasarkan dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom terevisi. Soal-soal yang dianalisa adalah soal-soal uji kompetensi pada pokok bahasan Transformasi, Statistika, dan Peluang dalam buku siswa pelajaran matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data jumlah soal uji kompetensi pada pokok bahasan Transformasi, Statistika, dan Peluang adalah 46 soal, namun terdapat 5 soal yang dikategorikan tidak jelas, sehingga soal yang dianalisa sebanyak 41 soal. Dari hasil analisa, kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Komposisi dimensi proses kognitif soal uji kompetensi pada pokok bahasan Transformasi, Statistika, dan Peluang dalam buku siswa pelajaran Matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 adalah 0% mengingat (C1), 34% memahami (C2), 61% mengaplikasikan (C3), 5% menganalisis (C4), 0% mengevaluasi (C5), dan 0% mencipta (C6). Komposisi dimensi pengetahuan soal uji kompetensi pada pokok bahasan Transformasi, Statistika, dan Peluang dalam buku siswa pelajaran Matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 adalah 39% pengetahuan konseptual, 61% pengetahuan prosedual, 0% pengetahuan faktual, dan 0% pengetahuan metakognitif. 2) Kesesuaian soal dengan indikator kompetensi berdasarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada pokok bahasan Transformasi adalah 80%, Statistika 90%, dan Peluang 95%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si dan Reny AmaliaWidiyanti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | analisa, soal matematika, buku teks, kurikulum 2013, taksonomi Bloom terevisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 04:23 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3019 |
Actions (login required)
View Item |