KUSWINIARTI, LENI TRI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI COVER.pdf]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI BAB I.pdf]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI BAB II.pdf]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI BAB III.pdf] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI BAB IV.pdf] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI BAB V.pdf] Text
LENI TRI KUSWINIARTI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of LENI TRI KUSWINIARTI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
LENI TRI KUSWINIARTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Peningkatan Kemampuan
Bertanya Pada Pembelajaran IPA Biologi Menggunakan Model Pembelajaran CTL
(Contextual and Teaching Learning) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1
Sokaraja dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/ 2012. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran IPA Biologi
menggunakan model CTL. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP
Negeri 1 Sokaraja dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 14
perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Tahapan kegiatan setiap siklus
terdiri atas planning (perencanaan), acting (pelaksanaan tindakan), observing
(observasi) dan reflecting (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa. Presentase kemampuan
bertanya dalam memahami obyek biologi pada siklus I, II, dan III secara urut 30,3%,
52,94% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam mendeskripsikan obyek biologi
sebesar 30,3%, 52,94% dan 73,53%. Kemampuan bertanya dalam menganalisis
sebesar 27,27%, 44,12% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam berdiskusi sebesar
33,33%, 55,88% dan 79,41%. Kemampuan bertanya dalam mengaitkan konsep
sebesar 24,24%, 41,18% dan 70,59%. Kemampuan bertanya dalam menyimpulkan
sebesar 33,33%, 50% dan 73,53%. Peningkatan kemampuan bertanya siswa
berdampak baik pada hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata postes siklus I, II dan III
secara urut 71,82, 86,88 dan 87,21 dan dengan ketuntasan kelas sebesar 48,5%,
78,13% dan 91,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning)
dapat meningkatkan kemampuan bertanya pada pembelajaran IPA Biologi di kelas
VIII D SMP Negeri 1 Sokaraja.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd, M.Si. dan drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bertanya, Pembelajaran IPA Biologi, Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:09
Last Modified: 01 Nov 2024 02:50
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item