PEBRUANDANI, DWI (2012) UPAYAMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATAN MENGGAMBAR MELALUI TEKNIK MEMERCIK PADA ANAK KELOMPOK B TKAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL O3 BOJONGBATA KABUPATEN PEMALANGSEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
DWI P. COVER.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
DWI P. BAB I.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
DWI P. BAB II.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
DWI P. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
Text
DWI P. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
DWI P. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
|
Text
DWI P. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
DWI P. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Kegiatan Menggambar Melalui Teknik Memercik Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Bojongbata Kabupaten Pemalang Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan menggambar melalui teknik memercik pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Bojongbata Kabupaten Pemalang Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Bojongbata Kabupaten Pemalang berjumlah 25 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus dengan kegiatan menggambar melalui teknik memercik yang ditunjukkan dengan meningkatnya empat indikator yang ditetapkan yaitu: kemampuan menggenggam sikat gigi, kelenturan otot-otot jari tangan pada saat memercik, kekuatan tangan saat memercik, dan koordinasi mata dan tangan pada saat memercik. Terbukti pada kondisi awal hanya 5 anak (20%) berkembang sangat baik, 3 anak (12%) berkembang sesuai harapan, mulai berkembang 9 anak (36%) dan belum berkembang 8 anak (32%) kemudian pada siklus Ianak yang berjulah sangat baik berjumlah 6 anak (24%), berkembang sesuai harapan 4 anak (16%), mulai berkembang 3 anak (12%) dan belum berkembang 6 anak (24%) dan pada siklus II yang berkembang sangat baik berjumlah 20 anak (80%), berkembang sesuai harapan 3 anak (12%) dan mulai berkembang 2 anak (8%)
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sukristanto, M.Pd. dan Anita Rosalina, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Menggambar Teknik Memercik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 02:38 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 02:38 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2996 |
Actions (login required)
View Item |