INDRIANINGTYAS, DITA (2013) PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SD NEGERI KARANGSOKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Download (765kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Download (693kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Download (780kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
![]() |
Text
BAB IV_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Download (626kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Keadaan siswa kelas V SD Negeri Karangsoka sebelum dilakukan
penelitian adalah sikap disiplin siswa yang rendah dan rata-rata prestasi belajar
yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar Pendidikan
Kewarganegaraan pada materi contoh Peraturan Perundang-Undangan
menggunakan model pembelajaran Example non example Kelas V SD Negeri
Karangsoka Kecamatan Kembaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Langkah- langkah pada setiap siklus mencakup perencanaan,
pelaksanaan kegiatan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan belajar siswa yaitu siklus I
memperoleh persentase 74,8% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh
persentase 84,37% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa juga
mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan ketuntasan belajar siswa 64,28
% menjadi 85,71 % pada siklus II. Jadi pembelajaran melalui model Example non
example dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar siswa.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Drs. Pamujo, MM.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Example non example |
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 00:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 01:24 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |