PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SD NEGERI KARANGSOKA

INDRIANINGTYAS, DITA (2013) PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SD NEGERI KARANGSOKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB III_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_DITA INDRIANINGTYAS_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keadaan siswa kelas V SD Negeri Karangsoka sebelum dilakukan penelitian adalah sikap disiplin siswa yang rendah dan rata-rata prestasi belajar yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi contoh Peraturan Perundang-Undangan menggunakan model pembelajaran Example non example Kelas V SD Negeri Karangsoka Kecamatan Kembaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Langkah- langkah pada setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan belajar siswa yaitu siklus I memperoleh persentase 74,8% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh persentase 84,37% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan ketuntasan belajar siswa 64,28 % menjadi 85,71 % pada siklus II. Jadi pembelajaran melalui model Example non example dapat meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Drs. Pamujo, MM.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Example non example
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 31 Jul 2017 00:18
Last Modified: 31 Jul 2017 00:18
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item