RISKIANTO, NOVAN KURNIA (2017) PERBEDAAN KEBIJAKSANAAN (WISDOM)PADA PESERTA DIDIK BERBEDA SUKU BANGSA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL IRSYAD TENGARAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebijaksanaan
(wisdom)
pada peserta didik berbeda agama kelas X Madrasah Aliyah Al Irsyad Tengaran
Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017.
Subjek pada penelitian ini berjumlah 105 peserta didik kelas X Madrasah
Aliyah Al Irsyad Tengaran Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terbagi
menjadi 4 kelompok yaitu 75 peserta didik suku Jawa, 16 peserta didik suku
Sunda, 9 peserta didik suku Betawi, 5 peserta didik suku Minangkabau. Metode
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuisioner
dengan instrumen skala
wisdom
. Uji validitas isi yang digunakan pada penelitian
ini menggunakan angka kolerasi
Product Moment
, sedangkan uji reliabilitasnya
menggunakan teknik koefisien
Alpha Cronbach
. Berdasarkan hasil
try out
dari 60
aitem pernyataan skala
wisdom
terhadap 60 peserta didik, 12 aitem dinyatakan
gugur dan 48 aitem dinyatakan valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas skala
wisdom
diperoleh nilai 0,889, angka tersebut mendekati 1 sehingga skala
wisdom
dinyatakan reliabel.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan teknik analisis varians,
diperoleh F tabel sebesar 2,695 pada taraf nyata 0,05. Sedangkan nilai F hitung
yang diperoleh yaitu sebesar 21,510. Nilai F hitung > F tabel (21,510 > 2,695).
Kemudian diperoleh nilai P (P value) sebesar 0,000. Dengan demikian pada taraf
signifikansi 0,01 maka hipotesis penelitian ini diterima (0,000 < 0,01). Kemudian
berdasarkan uji mean, maka dapat terlihat bahwa tingkat
wisdom
peserta didik
suku Jawa (
X
jawa
=
165.72) lebih tinggi dari tingkat
wisdom
peserta didik suku
Sunda (
X
sunda =
157.19) dan tingkat
wisdom
peserta didik Sunda lebih besar dari
tingkat
wisdom
peserta didik Betawi (
X
betawi =
148.33) dan tingkat
wisdom
peserta
didik suku Betawi lebih tinggi dari tingkat
wisdom
peserta didik suku
Minangkabau (
X
minangkabau =
137.80
). Dengan demikian, maka dapat diambil
sebuah kesimpulan bahwa ada perbedaan kebijaksanaan
(wisdom)
yang signifikan
pada peserta didik berbeda suku bangsa kelas X Madrasah Aliyah Al Irsyad
Tengaran Salatiga tahun pelajaran 2016/2017.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Tri Na’imah, S.Psi., M.Si, dan
Uncontrolled Keywords: Kebijaksanaan, Wisdom, Suku Bangsa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2017 03:00
Last Modified: 06 Jan 2025 01:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item