Suhardiyanto, Handy (2012) Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa (Studi Deskriptif Analisis Di Smk Negeri 1 Purwokerto). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO COVER.pdf]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO COVER.pdf

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO BAB I.pdf]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO BAB II.pdf]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO BAB III.pdf] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO BAB IV.pdf] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO BAB V.pdf] Text
HANDY SUHARDIYANTO BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
HANDY SUHARDIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[thumbnail of HANDY SUHARDIYANTO LAMPIRAN.pdf] Text
HANDY SUHARDIYANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Terkikisnya rasa nasionalisme sekarang ini melanda anak didik di sekolah.
Contohnya hampir disetiap jenjang sekolah, ketika dilaksanakan upacara bendera
para siswa merasa malas dan tidak melaksanakannya dengan khidmat dan tertib.
Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena remaja sebagai siswa dan generasi
muda sangat diharapkan mampu menjadi pemimpin yang memiliki rasa
kebangsaan yang tinggi. Untuk membentuk sikap nasionalisme ini, dapat
dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu,
penelitian ini mencoba mengungkap kondisi faktual tentang peranan pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa di
SMK Negeri 1 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peranan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap
nasionalisme siswa. Peneliti kemudian merinci menjadi tiga sub tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap
nasionalisme siswa dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala
dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap
nasionalisme siswa. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan
umum, yaitu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai peran dalam
pembentukan sikap nasionalisme siswa. Hal ini dibuktikan dengan materi
pembelajaran PKn yang mengarah pada pembentukan sikap nasionalisme siswa
karena bersumberkan pada Pancasila, UUD 1945, TAP MPR, nilai luhur
kejuangan serta budaya bangsa yang diarahkan pada terwujudnya sikap
nasionalisme yang berdasarkan kehidupan berbangsa dan bernegara secara
langsung. Selain itu juga dengan penggunaan sumber belajar, metode dan media
pembelajaran yang bervariatif, serta sarana dan prasarana yang mendukung di
dalam kelas.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H., M.Hum. dan Elly Hasan Sadeli, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaran, sikap nasionalisme
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 27 Jul 2017 05:59
Last Modified: 24 Feb 2025 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item