WIKHDATUN, . (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn KOMPETENSI DASAR MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD NEGERI 1 BOJONGSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (610kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (531kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn materi mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Numbered Heads Together ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bojongsari yang berjumalah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memperoleh data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi belajar sedangkan untuk memperoleh prestasi belajar siswa diperoleh dari tes valuasi yang diberikan pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian motivasi siswa siklus I termasuk dalam kriteria motivasi belajar tinggi, ditunjukan dengan skor rata-rata 45,85. Pada siklus II motivasi belajar siswa kembali meningkat, termasuk motivasi belajar sangat tinggi ditunjukan dengan perolehan skor rata-rata 56,29. Peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa sangat tergantung dari peningkatan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru termasuk dalam aktivitas pembelajaran baik dan meningkat pada siklus II dengan aktivitas pembelajaran sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I termasuk kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan criteria aktivitas siswa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi Pada siklus I nilai rata-rata evaluasi siswa sebesar 63,28 dengan presentase ketuntasan belajar 68,97%. Pada siklus I nilai rata-rata evaluasi meningkat menjadi 73,62 dengan ketuntasan belajar 86,21%
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd.,M.Pd dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi , Prestasi Belajar, Kooperatif Tipe NHT, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 03:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 03:07 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |