IRTIYAH,, EKA (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PEJOGOL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi
belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi menggunakan metode
Course Review Horay
dengan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pejogol tahun
pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8
siswa perempuan. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, penilaian
aktivitas belajar teman sebaya, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data menunjukkan
adanya meningkatnya aktivitas belajar dan prestasi belajar. Peningkatan aktivitas
belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata penilaian aktivitas belajar teman sebaya
73,36% pada siklus I menjadi 83,49% pada siklus II dan didukung oleh hasil
observasi aktivitas siswa dari 2,8 pada siklus I dengan kategori baik menjadi 3,3
pada siklus II dengan katagori sangat baik. Kemudian peningkatan prestasi belajar
dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari 58,85 % pada siklus I menjadi
82,67 % pada siklus II. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian
menggunakan metode
Course Review Horay
dengan media gambar pada materi
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, metode course review horay, media gambar, prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:17
Last Modified: 20 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item