UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PEJOGOL

IRTIYAH,, EKA (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PEJOGOL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi menggunakan metode Course Review Horay dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pejogol tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, penilaian aktivitas belajar teman sebaya, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya meningkatnya aktivitas belajar dan prestasi belajar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata penilaian aktivitas belajar teman sebaya 73,36% pada siklus I menjadi 83,49% pada siklus II dan didukung oleh hasil observasi aktivitas siswa dari 2,8 pada siklus I dengan kategori baik menjadi 3,3 pada siklus II dengan katagori sangat baik. Kemudian peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari 58,85 % pada siklus I menjadi 82,67 % pada siklus II. Berdasarkan analisis di atas bahwa penelitian menggunakan metode Course Review Horay dengan media gambar pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, metode course review horay, media gambar, prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:17
Last Modified: 27 Jul 2017 01:17
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item