PEMBUATAN KUESIONER STANDAR UNTUK MENILAI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK

KURNIAWAN, DIKI (2011) PEMBUATAN KUESIONER STANDAR UNTUK MENILAI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIKI KURNIAWAN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIKI KURNIAWAN BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIKI KURNIAWAN BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
DIKI KURNIAWAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
DIKI KURNIAWAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
DIKI KURNIAWAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img]
Preview
Text
DIKI KURNIAWAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

DIKI KURNIAWAN. Pembuatan Kuisioner Standar Untuk Menilai Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Dibawah bimbingan MOESLIH HASANMIHARDJA dan DIDIK SETIAWAN. Latar Belakang : Dalam menjamin mutu pelayanan kepada pasien, Pemerintah RI telah mengeluarkan Kepmenkes No. 1027 tahun 2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Berbagai penelitian tentang gambaran pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek telah dilakukan. Contoh penelitian tentang gambaran pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Medan tahun 2009, di Purwokerto tahun 2010, dan di Sleman tahun 2006. Penelitian tersebut menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Instrumen penelitian memegang peranan penting dalam menentukan mutu suatu penelitian. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk memeberikan informasi bagaimana pembuatan kuisioner dan melakukan uji instrumen penelitian yang memiliki nilai validitas dan reliabilitas yang baik. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuisioner memiliki 6 pertanyaan tidak valid dan seluruh pertanyaan reliabel. Didapatkan kuisioner dengan rincian 4 pertanyaan tentang pengelolaan sumberdaya manusia, 10 pertanyaan tentang pengelolaan sarana dan prasarana. Terdapat 3 pertanyaan tentang pengelolaan sedian farmasi dan kelengkapan alat kesehatan, 34 pertanyaan tentang pelayanan kefarmasian dan 9 pertanyaan tentang evaluasi mutu pelayanan kefarmasian. Kesimpulan : Dalam pembuatan kuisioner pertama harus memiliki konsep atau variabel apa yang ingin diteliti, kemudian menjabarkan variabel-variabel tersebut menjadi butir-butir pertanyaan dan selanjutnya menentukan skala pengukuran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Moeslich Hasanmihardja,Apt dan Didik Setiawan, M.Sc.,Apt
Uncontrolled Keywords: questionnaire, validity, reliability, standard of pharmaceutical service, pharmacy.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Jan 2017 04:31
Last Modified: 31 Oct 2024 06:39
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item