PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMERANKAN DRAMA PENDEK MELALUI MEMBACA NYARING NASKAH DRAMA DI KELAS V SD NEGERI TUNJUNG LOR

LISTIANI, DIAN (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMERANKAN DRAMA PENDEK MELALUI MEMBACA NYARING NASKAH DRAMA DI KELAS V SD NEGERI TUNJUNG LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIAN LISTIANI COVER.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN LISTIANI BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIAN LISTIANI BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
DIAN LISTIANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
DIAN LISTIANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
DIAN LISTIANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
DIAN LISTIANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
DIAN LISTIANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memerankan drama pendek melalui membaca nyaring naskah drama di sekolah dasar. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tunjung Lor dengan jumlah siswa 37. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 1 pertemuan, dimana 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru kinerja guru dan penyusuna RPP. Untuk memperoleh data hasil belajar membaca nyaring menggunakan lembar penilaian membaca nyaring. Untuk memperoleh data hasil belajar memerankan drama pendek menggunakan lembar penilaian drama pendek. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar membaca nyaring siklus 1 diperoleh rata-rata nilai 69,08 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 58,33%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 75,06 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 94,44%. Sedangkan untuk hasil belajar memerankan drama siklus 1 diperoleh rata-rata nilai 68,28 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 63,89%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 85,28 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 91,67%. Untuk data hasil penilaian dalam menyusun RPP pada siklus I diperoleh skor 59 dengan nilai akhir 84,28 dan untuk siklus II diperoleh skor 61 dengan nilai akhir 87,14, sedangkan untuk kinerja peneliti pada siklus I diperoleh skor 60 dengan nilai akhir 85,71 dan untuk siklus II diperoleh skor 62 dengan nilai akhir 88,57. Dengan demikian disimpulkan bahwa membaca nyaring dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Tunjung Lor dalam memerankan drama pendek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A dan Drs. Eddy Sukmana, M,Ed
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, drama pendek, membaca nyaring
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 02 Jan 2017 04:13
Last Modified: 02 Jan 2017 04:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item