ASTUTI, ROHMAH INDRA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 2 SOKARAJA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI COVER.pdf]
Preview
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI COVER.pdf

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI BAB I.pdf]
Preview
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI BAB II.pdf]
Preview
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI BAB III.pdf] Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI BAB IV.pdf] Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI BAB V.pdf] Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of ROHMAH INDRA ASTUTI LAMPIRAN.pdf] Text
ROHMAH INDRA ASTUTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasil wawancara dan observasi menunjukan rendahnya kemandirian dan keterampilan siswa kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan siswa terutama dalam materi menulis dialog sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil subjek siswa kelas V dengan jumlah siswa 29 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Picture and Picture yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sikap kemandirian siswa pada siklus I sebanyak 84,1% dengan kriteria mandiri dan pada siklus II sebanyak 98,75%, sehingga mengalami peningkatan dengan kriteria sangat mandiri, sedangkan perolehan keterampilan menulis pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 68,8 dengan ketuntasan belajar yang dicapai hanya 75,4%. Sedangkan pada siklus II, keterampilan menulis diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,10 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,10%. Pengumpulan data melalui angket dan lembar evaluasi siswa, menunjukan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan sikap kemandirian dan keterampilan menulis siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: kemandirian, keterampilan, model Picture and Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 22 Jul 2017 03:39
Last Modified: 12 Jun 2024 07:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item