ASTUTI, ROHMAH INDRA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 2 SOKARAJA KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI COVER.pdf Download (705kB) | Preview |
Preview |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB I.pdf Download (537kB) | Preview |
Preview |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB II.pdf Download (575kB) | Preview |
![]() |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
Preview |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (518kB) | Preview |
![]() |
Text
ROHMAH INDRA ASTUTI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Hasil wawancara dan observasi menunjukan rendahnya kemandirian dan keterampilan siswa kelas V SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan siswa terutama dalam materi menulis dialog sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil subjek siswa kelas V dengan jumlah siswa 29 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Picture and Picture yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sikap kemandirian siswa pada siklus I sebanyak 84,1% dengan kriteria mandiri dan pada siklus II sebanyak 98,75%, sehingga mengalami peningkatan dengan kriteria sangat mandiri, sedangkan perolehan keterampilan menulis pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 68,8 dengan ketuntasan belajar yang dicapai hanya 75,4%. Sedangkan pada siklus II, keterampilan menulis diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,10 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,10%. Pengumpulan data melalui angket dan lembar evaluasi siswa, menunjukan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan sikap kemandirian dan keterampilan menulis siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, keterampilan, model Picture and Picture |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 03:39 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:20 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |