HANDAYANI, FITRIA NUR (2013) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ KELAS VA SD NEGERI 2 KALIBAGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
FITRIA NUR HANDAYANI COVER.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
FITRIA NUR HANDAYANI BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
FITRIA NUR HANDAYANI BAB II.pdf Download (762kB) | Preview |
|
![]() |
Text
FITRIA NUR HANDAYANI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
![]() |
Text
FITRIA NUR HANDAYANI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
FITRIA NUR HANDAYANI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
|
Text
FITRIA NUR HANDAYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (739kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul Peningkatan Kerja Keras Dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Melalui Metode Pembelajaran Team Quiz Kelas VA SD Negeri 2 Kalibagor dilatar belakangi oleh rendahnya kerja keras dan prestasi belajar IPS. Hal ini disebabkan oleh faktor dari guru dan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan rendahnya kerja keras dan prestasi belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui metode pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Kalibagor yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, untuk memperoleh data kerja keras belajar diperoleh dari skala sikap kerja keras belajar sedangkan untuk data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian kerja keras belajar siswa pada siklus I persentasenya adalah 76,44% kriteria tinggi, sedangkan pada siklus II naik persentasenya menjadi 88,07% kriteria sangat tinggi. Prestasi belajar siswa nilai rata-rata siklus I yaitu 71,48 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 70,37%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 83,52 dengan ketuntasan klasikal 96,29%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya siswa kelas VA SD Negeri 2 Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M. Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | kerja keras, prestasi belajar, IPS, team quiz v |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 02:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 02:12 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |