RAHAYU,, ISLAN (2014) TINDAK TUTUR PENGAKUAN (ACKNOWLEDGMENT) GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO BULAN SEPTEMBER TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (823kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Tindak Tutur Pengakuan ( Acknowledg ment) Guru d alam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 2 Purwokerto Bulan September Tahun Pelajaran 2013 - 2014” bertujuan untuk mendeskripsikan jenis -jenis dan fungsi dari masing -masing jenis tindak tutur pengakuan ( acknowledgment ) guru dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan guru yang mengandung tindak tutur pengakuan ( acknowledgment) . Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah penyediaan data menggunakan metode simak. Teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik sadap sebagai teknik dasar, teknik simak bebas libat cakap (SBLC) , teknik catat dan teknik rekam sebagai teknik lanjutan. Tahap kedua adalah analisis data dengan menggunakan metode padan pragmatis, yaitu metode yang menggunakan mitra tutur sebagai penentunya. Tahap ketiga adalah penyajian hasil analisis data, pada penelitian ini data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunju k kan bahwa tuturan pengakuan (acknowledgment) dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Purwokerto ada delapan bentuk, yaitu: 1) apologize (meminta maaf) sebanyak 5 tuturan , 2) condole (mengucapkan belasungkawa) sebanyak 2 tuturan , 3) congratulate (men gucapkan selamat) sebanyak 4 tuturan , 4) greet (mengucapkan salam) sebanyak 7 tuturan , 5) thank (mengucapkan terimakasih) sebanyak 7 tuturan dan n o thank (berterima kasih tetapi menolak) sebanyak 1 tuturan , 6) bid (harapan) diantaranya tuturan meminta sebanyak 14 tuturan, harapan sebanyak 10 tuturan, larangan sebanyak 13 tuturan, mengizinkan sebanyak 12 tuturan, keinginan sebanyak 4 tuturan, desakan sebanyak 3 tuturan, memerintah biasa sebanyak 76 tuturan, menyarankan sebany ak 9 tuturan, memperingatkan sebanyak 5 tuturan, bertanya sebanyak 37 tuturan dan memperbolehkan sebanyak 3 tuturan , 7) accept (menerima) sebanyak 4 tuturan , 8) reject (menolak) sebanyak 1 tuturan . Kedelapan tuturan tersebut digunakan guru untuk membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, bertanya, membimbing diskusi kelompok, mengadakan variasi, mengelola kelas dan memberikan penguatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Kuntoro, M.Hum. dan Drs. Eko Suroso, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pragmatik, Tindak Tutur Pengakuan (Acknowledgment),dan Keterampilan Dasar Mengajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 02:28 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 02:28 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |