TANIYA, GINA (2017) PEER EDUCATION SEBAGAI UPAYA PROMKES APOTEKER TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MENGURANGI KONSUMSI ROKOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Download (693kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Download (716kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB V_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Download (684kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_GINA TANIYA_FARMASI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perilaku merokok sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini. Sudah banyak
media yang memberikan informasi mengenai bahaya rokok, namun masih banyak
masyarakat menghiraukan peringatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh promosi kesehatan dengan metode peer education
terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku mengurangi konsumsi rokok pada
mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan
rancangan non-equivalent control group design with pretest and posttest.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan teknik
sampling accidental sampling. Data penelitian tingkat pengetahuan dianalisis
menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai significansy pada kelompok intervensi
0,000 (p<0,05) dan kelompok kontrol 0,142 (p> 0,05). Hasil yang diperoleh pada
uji paired t-test pada perilaku responden dilihat dari nilai signifikansi pada
kelompok metode peer education 0,024 (p<0,005) dan pada kelompok kontrol
0,430 (p>0,005). Hasil perbandingan peningkatan pengetahuan antara kelompok
dengan metode peer education dan kelompok kontrol dengan menggunakan uji
Mann-Whitney didapat nilai signifikansi 0,002 (p<0,05) dan hasil perbandingan
perubahan perilaku antara kelompok metode peer education dan kelompok
pkontrol dengan menggunakan uji independent t-test didapatkan nilai signifikansi
0,032 (p<0,05). Hasil tersebut disimpulkan bahwa promosi kesehatan dengan
menggunakan metode peer education dapat meningkatan pengetahuan dan
perubahan perilaku mengurangi konsumsi rokok pada mahasiswa.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Githa Fungie Galistiani, M.Sc., Apt dan Dhien Setiani, M.Sc., Apt |
Uncontrolled Keywords: | Promkes Apoteker, Peer Education, Rokok |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 19 Jul 2017 04:16 |
Last Modified: | 19 Jul 2017 04:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |