PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR

ASIH, RIZKA LESTIARNO (2017) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB IV_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RIZKA LESTIARNO ASIH_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan teknik token economy untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerak benda. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya sikap kerjasama siswa yang diketahui dari hasil observasi dan wawancara, serta rendahnya prestasi belajar dibuktikan dari nilai ulangan siswa yang menunjukkan bahwa 60% dari jumlah seluruh siswa belum mencapai KKM yaitu 72. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Pageraji tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket untuk mengetahui tingkat kerjasama siswa, serta soal evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap kerjasama siswa pada siklus I yaitu dari perolehan rata-rata skor 76,68, menjadi 92,61 pada siklus II, sedangkan nilai rata-rata evaluasi siswa siklus I yaitu 75,89 dengan persentase ketuntasan 64,26%, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,82 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan teknik token economy dapat meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerak benda di kelas III SD Negeri 1 Pageraji, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: teknik token economy, sikap kerjasama, prestasi belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:35
Last Modified: 19 Jul 2017 02:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item