UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV MELALUI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SD NEGERI 2 GRENDENG

AFRIYANI, ARMI (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV MELALUI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SD NEGERI 2 GRENDENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARMI AFRIYANI COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARMI AFRIYANI BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARMI AFRIYANI BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
ARMI AFRIYANI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
ARMI AFRIYANI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARMI AFRIYANI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
ARMI AFRIYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui metode diskusi menggunakanmedia audio visual di kelas IV SD N 2 Grendeng. Hal tersebut dikarenakan Rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi siswa dapat disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran selama ini masih menggunakan metode konvensional. Guru jarang menggunakan metode diskusi di kelas. Padahal metode diskusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman serta pengetahuan yang mereka punyai. Siswa dapat saling bertukar informasi maupun pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana setiap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus di dalamnya terdapat 2 pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator pencapaian keberhasilan penelitian yaitu adanya peningkatan rasa ingin tahu sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa telah mencapai rasa ingin tahu dengan kriteria baik, dan prestasi belajar siswa sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa dengan KKM Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan perstasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil evaluasi pada siklus I dengan persentase 80,77% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 88,46% dengan persentase baik. Peningkatan yang dihasilkan dari hasil angket rasa ingin tahu berpengaruh pula terhadap hasil evaluasinya, dengan mengalami peningkatan pada siklus I 80,77% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II 88,46% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto M.Pd dan Drs. Pamujo. M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), metode diskusi, media audio visual
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 15 Jul 2017 01:15
Last Modified: 15 May 2024 01:57
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item