UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI METODE TEBAK KATA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DI SD NEGERI 3 PLIKEN

YULIANI, ARI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI METODE TEBAK KATA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DI SD NEGERI 3 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARI YULIANI COVER.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI YULIANI BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI YULIANI BAB II.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
ARI YULIANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
ARI YULIANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARI YULIANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
ARI YULIANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
ARI YULIANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil wawancara dan observasi menunjukkan rendahnya kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Pliken, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa terutama dalam materi “Keragaman suku bangsa dan budaya”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil subjek siswa kelas IV, terdiri dari 17 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pembelajaran ini dalam pelaksanaannya menuntut siswa untuk berpikir kritis, berani mengajukan pendapat dan gagasan dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kreativitas siswa pada siklus I sebanyak 77,47% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II sebanyak 85,68%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 8,21% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan perolehan prestasi belajar pada siklus I sebanyak 75,96% dan pada siklus II sebanyak 86%, sehingga mengalami peningkatan 10,04% dengan ketuntasan klasikal 85%. Pengumpulan data melalui skala sikap dan lembar evaluasi siswa, menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, MM., M.Pd dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi, ips, tebak kata, media kartu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 15 Jul 2017 01:06
Last Modified: 15 Jul 2017 01:06
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item