PENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMBARAN

AGUSTINA,, WILLY (2013) PENGARUH KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57MB)

Abstract

Penelitian dengan judul pengaruh kemampuan Memahami pada Pembelajaran Bowling Kampus terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kembaran telah dilaksanakan pada semester genap tahun a jaran 2012 / 2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Memahami materi IPA menggunakan Strategi Pembelajaran Bowling Kampus terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperi men. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kembaran yang terdistribusi dalam 5 kelas . Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling . Data hasil belajar dan data aktivitas belajar siswa dianalisis dengan uji kor elasi sederhana yaitu menggunakan uji product moment dilanjutkan uji signifikasi (uji t). Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan antara kemampuan memahami dan hasil belajar siswa , namun tingkat korelasi berva riasi. Ra ta-rata nilai hasil pos t-test kelas eksperimen mencapai 71.16 sedangkan nilai rata -rata post -test kontrol yang hanya 64.74 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan Memahami pada Strategi Pembelajaran Bowling Kampu s berpengaruh terhadap hasil belaj ar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kembaran Tahun Ajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kemampuan memahami materi IPA, strategi pembelajaran, Bowling kampus, IPA Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Jul 2017 01:12
Last Modified: 15 May 2024 03:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item