TURIJAH,, . (2013) PENGARUH PARTISIPASI AKTIF BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (667kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (663kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (66MB) |
Abstract
Penelitian berjudul Pengaruh Partisipasi Aktif Belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran telah dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengar uh partisipasi aktif belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran terdistribusi 7 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling . Data penelitian berupa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji korelasi sederhana menggunakan uji product moment (r xy ) dilanjutkan uji signifikansi (uji t ). Hasil penelitian untuk menunjukkan ada korelasi yang signifikan antara aktivitas partisipasi dan hasil belajar siswa. Setiap aktivitas yang diamati mempunyai t ingkat korelasi berbeda. Rata – rata nilai hasil belajar po st test kelas eksperimen 78 dan kontrol 68. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa Partisipasi Aktif Belajar menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelaja ran IPA Biologi Kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, S.pd., M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Aktif, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, IPA Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 01:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2017 01:01 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |